Keuntungan Memanfaatkan Kayu Jati Daur Ulang

Kelebihan Yang Didapat Dari Memanfaatkan Kayu Jati Daur Ulang


mebel furniture, mebel jepara, jepara
Menggunakan kayu jati daur ulang memiliki manfaat baik estetika dan lingkungan, menjadi pilihan yang baik untuk lantai rumah, mebel furniture, dan interior rumah. Sejumlah workshop bahkan perusahaan mebel furniture memanfaatkan dari bahan kayu daur ulang atau mengolah kembali jati dan menawarkan berbagai produknya dengan kualitas terbaik. Sebelum memanfaatkan kayu jati daur ulang, workshop atau perusahaan pengolah harus mengetahui dari mana sumber kayu tersebut, sehingga dapat memanfaatkannya menjadi produk-produk mebel furniture yang berkualitas.

Untuk mendapatkan kayu jati daur ulang dengan kualitas terbaik adalah dari bahan-bahan konstruksi lama seperti rumah, lumbung, dan gudang. Bahan-bahan ini banyak dijumpai terutama di daerah tropis, biasanya rumah, lumbung, atau gudang memakai kayu yang sangat besar dan lebar untuk konstruksinya. Hal ini dimungkinkan untuk menggunakan kayu tersebut, atau dapat memotongnya ke ukuran yang berbeda-beda untuk berbagai produk mebel furniture. Mobil truk, mobil kontainer pengiriman, perahu, bantalan rel kereta api juga mungkin memakai bahan kayu jati, dan dimungkinkan untuk memanfaatkan kembali dengan catatan hati-hati saat membongkarnya sehingga kayu tersebut dapat digunakan dengan baik.

mebel furniture, rak jati, mebel jepara
Dari segi Estetika, daur ulang kayu jati biasanya memiliki serat lebih halus dan lebih indah. Secara historis, orang memilih pohon tua yang pertumbuhanya lambat, kayu yang sangat kuat, berwarna lebih gelap bahkan padat. Jati yang tumbuh di perkebunan yang dipanen lebih awal, ini mungkin kurang kuat, biasanya memiliki serat kasar sehingga terlihat kurang menarik. Orang juga memilih kayu tua dan padat, kebanyakan orang juga lebih memilih mebel furniture jati tanpa finishing, di mana mereka ingin hal-hal yang terlihat alami atau tanpa dipoles ketimbang penampilan yang lebih formal.

Dari segi lingkungan, keuntungan daur ulang kayu jati adalah orang tidak perlu menebang pohon baru untuk memenuhi kebutuhan kayu untuk bahan mebel furniture. Dan organisasi lingkungan menyuarakan keprihatinan mengenai maraknya penebangan pohon ilegal sebagai sumber kayu. Ketika orang menggunakan kayu daur ulang, pohon dapat tetap tumbuh. Hal ini memberikan kontribusi habitat untuk hewan, selain untuk menjaga lingkungan yang sehat dan bersih, karena pohon juga dapat memberi manfaat untuk manusia yang menghasilkan udara alami dan mengurangi pemanasan global.

mebel furniture, mebel jati, jepara
Bahan kayu jati daur ulang juga mungkin tidak jauh-jauh untuk mendapatkannya, sehingga mengurangi waktu yang dihabiskan saat perjalanan, dapat membuat produk yang lebih ramah lingkungan, karena mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Menggunakan produk daur ulang dari daerah sekitar juga dapat menciptakan lapangan kerja bagi perusahaan keselamatan kerja khususnya untuk merenovasi bangunan-bangunan tua, menghemat uang dan meningkatkan prospek ekonomi masyarakat. Dengan membeli jati daur ulang secara tidak langsung dapat menyelamatkan bangunan bersejarah.
Share this article :

1 komentar:

  1. Terima Kasih infonya, cukup bermanfaat terutama bagi saya yang sedang fokus membangun blog daur ulang. Kalau memungkinkan tolong diulas bagaimana cara memanfaatkan limbah kayu tersebut agar bisa berdaya guna.
    Salam kenal dari baledaurulang.blogspot.com

    BalasHapus

 
Support : Template Maskolis | RESERVED | RESERVED
Copyright © 2013. Furniture Mebel Jati Khas Jepara - All Rights Reserved
Template Modified by Spesialis Gebyok Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger